Renovasi kamar mandi bukanlah pekerjaan yang murah. Untuk alasan itu, adalah ide bagus untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan sebelum Anda mulai membuang yang sudah ada untuk menentukan apakah Anda benar-benar mampu membelinya atau apakah itu ide yang lebih baik untuk menunggu beberapa bulan untuk mengumpulkan cukup uang . Tidak mungkin untuk menghitung biaya renovasi kamar mandi untuk setiap sen karena seperti kebanyakan proyek perbaikan rumah, selalu ada kemungkinan kejutan tidak menyenangkan yang tidak mungkin diprediksi sebelum proyek renovasi. Namun demikian, Anda dapat menentukan biaya renovasi kamar mandi dengan sangat akurat jika Anda memperhatikan 5 hal berikut dan menambahkan 10 hingga 15 persen ke jumlah untuk biaya tak terduga:

1. Perlengkapan kamar mandi baru. Ini adalah bagian termudah dalam menghitung biaya proyek renovasi Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan apa yang Anda butuhkan dan berapa biaya yang akan Anda keluarkan. Harga keseluruhan perlengkapan kamar mandi baru sangat tergantung pada ukuran kamar mandi Anda, perlengkapan yang ingin Anda ganti dan preferensi pribadi Anda ketika datang ke gaya, desain dan bahan.

2. Skala proyek renovasi Anda. Tentunya, semakin rumit dan ekstensif renovasi semakin tinggi harganya. Relokasi perlengkapan, penambahan yang baru, dll. Secara dramatis meningkatkan biaya renovasi kamar mandi. Jadi jika Anda ingin tetap dalam anggaran yang ditetapkan, Anda sangat disarankan untuk memikirkan keinginan Anda dengan sangat baik.

3. Penghapusan kamar mandi yang lama. Menghilangkan keramik tua, bak mandi, toilet, dll. Adalah kerja keras tetapi akan menghabiskan banyak uang jika Anda mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda. Anda tidak dapat merusak apa pun jika Anda menghapus sendiri kamar mandi lama yang karenanya penting untuk mempertimbangkan menjadikannya proyek DIY, tentu saja, jika Anda punya waktu.

4. Pemasangan kamar mandi baru. Secara teoritis, Anda dapat menginstal kamar mandi baru Anda sendiri tetapi itu adalah ide yang baik untuk meninggalkan bagian instalasi kepada para profesional jika Anda tidak benar-benar percaya diri dalam keterampilan DIY Anda. Ini tentu saja akan meningkatkan biaya proyek Anda tetapi sekali lagi, merusak kamar mandi baru Anda bahkan akan lebih mahal.

5. Masalah khusus. Sebelum memasang kamar mandi baru, ada baiknya untuk menangani masalah-masalah khusus seperti jamur, kebocoran, masalah listrik, dll. Mereka mungkin akan membutuhkan bantuan profesional yang akan meningkatkan biaya renovasi, namun, memasang kamar mandi baru tanpa berurusan dengan jamur misalnya tidak akan menyelesaikan apa pun. Bahkan lebih, itu akan dengan cepat merusak penampilan kamar mandi baru Anda, belum lagi bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *